Bundacerdas

Foto saya
Bundacerdas yang berhasil peroleh tambahan penghasilan demi buah hati

bisnis sambil ngantor dengan modal awal Rp 49.900,-

Minggu, 13 Januari 2013

Parenting #1

Alhamdulillah...
Sabtu, 12 Januari 2013 menjadi kegiatan parenting pertamaku di sekolahnya Shafa.
Alhamdulillah...
bertepatan dengan jadwal ayahnya shafa sedang cuti.
walopun ayahnya shafa gak ikutan duduk manis dalam ruang parenting...hufh...hahaha.

Pemateri yang seorang Psikolog mengawali kegiatan ini dengan memberikan pesan bahwa
untuk menjadi orangtua TIDAK pernah ada SEKOLAHnya...
Karena tiap anak memiliki sifat khasnya tersendiri.
Agama...pengalaman orang lain...membaca dari buku...hal tersebut mungkin BISA membantu kita sebagai orang tua dalam hal mendidik, membimbing, dan mengajarkan hal baik dan menghindari hal buruk kepada anak.

Pemateri membuka kegiatan ini dengan pertanyaan
"pernahkah ayahbunda mengalami kesulitan melepas anak saat hendak berangkat kerja?"
"pernahkah ayahbunda mengalami anak merengek, menangis, bahkan menahan langkah ayahbunda untuk berangkat kerja?"

Saya pernah.
Daaaan sampai saat ini pun saat saya mengantarkan anak ke sekolah PG (playgroup), dia masih menangis.

Ternyata...hal ini WAJAR.
Wajar sekali!!!
Ini bentuk ekspresi anak terhadap kita sebagai orangtuanya.
Ini bentuk ekspresi anak bahwa dia MEMBUTUHKAN kita sebagai orangtuanya.

Alhamdulillah...
Dulu saya berpikir, sy yang SALAH, mungkin terlalu dekat dengan anak.
Ternyata pikiran sy yang SALAH.
Perpisahan anak dengan orangtuanya saat memasuki lingkungan baru ketika dia batita, adalah wajar jika dia menyalurkan ekspresinya melalui tangisan (misalnya).

Saya pernah bertanya pada anak saya
"kenapa terkadang banyak alasan yang diberikannya saat diminta mandi untuk bersiap ke sekolah", atau "kenapa saat sampai di depan sekolah, mulai merengek...menangis.".
Padahal nyatanya saat saya jemput dari sekolah, terlihat sinar mata dan semangatnya menikmati kegiatan di sekolah.
Anak saya menjawab: "GAK mau ditinggalin bunda."
huhuhuhu...hiks...terharu...MERASA dibutuhkan anak.

Saya pun berdiskusi dengan guru-guru di sekolah.
Ternyata...tangisan anak saat berpisah dari orangtua yg mengantarkannya ke sekolah, ada batas kewajarannya.
Masih dalam batas wajar jika tangisan anak tersebut BISA berhenti sejenak saat dialihkan dengan melihat mainan atau apapun disekelilingnya.
Masih dalam batas wajar jika anak tersebut masih BISA makan dan minum.

Jadi, ayahbunda jangan terlalu khawatir.
BIASANYA para guru di sekolahan batita atau balita sudah paham bagaimana mengatasi siklus yang seperti ini.

= = = selamat menikmati menjadi ayahbunda = = = 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar